Thursday, April 19, 2012

Transaksi Uang Muka Pembelian dengan Mata Uang Asing

Penulis Pernah mendapat pertanyaan dari customer , bagaimana untuk menginput transaksi uang muka pembelian dalam Euro , tapi pembayaran nya memakai mata uang USD. Perlu di ketahui bahwa dalam program Accurate, tidak bisa untuk menginput transaksi dalam Euro tapi pembayaran nya dalam USD. Didalam program Accurate harus di di konversi ke dalam rupiah.

FERRY menjawab,
Berikut ini adalah langkah langhah nya :
1. Masuk ke Pesanan Pembelian , cari nama pemasok dalam mata uang euro, Input Pembelian nya, lalu klik Uang Muka
2. Maka akan terbuka fitur Pembayaran Pemasok, tapi di pilihan Bank/Kas nya cuma ada Bank/Kas dalam bentuk Euro dan Kas/ Bank dalam bentuk Rupiah, akan tetapi kita melakukan pembayaran dalam bentuk USD. Tetapi anda tidak perlu kuatir, anda bisa membuat akun dami dl di daftar akun dengan nama Ayat silang ( dalam bentuk mata Uang rupiah)
3. Setelah selesai membuat daftar akun tersebut , maka sekarang bisa memilih bank dengan nama Ayat silang ( dalam mata uang Rupiah )
5. Input pembayaran nya kalo di kurs ke rupiah jadi berapa? jangan lupa input kurs nya
6.setelah itu karena pembayaran nya dalam Dollar, maka anda harus mengkonfersi dari Rupiah ke Dalam Bentuk Dollar, cara nya adalah : aktivitas---buku besar--bukti jurnal umum, aktifkan multicurrency. contoh input nya :

Nama debet Kredit rate Prime
Ayat silang ( debet ) 220.000 11.000 2.000
Bank USD 220.000


Tujuan di buat jurnal ini adalah untuk membuat jurnal pembalik , karena waktu kita buat uang muka tadi program membuat jurnal :


Uang Muka Pembelian
Ayat Silang

sedangkan yang kita Perlukan Jurnal nya adaah

Uang Muka Pembelian
Bank USD


Ingin konsultasi perusahaan anda dengan Accurate Software ...??
Jika Anda membutuhkan Program, Training atau implementasi Accurate Software versi 3 ataupun Accurate Software versi 4, silahkan menghubungi saya
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com