Monday, June 18, 2012

Mencatat Teransaksi Pembayaran dengan Merchant Card

Penulis pernah mendapat pertanyaan saat memberikan training di salah satu Rumah Sakit ternama di daerah Jakarta Utara.
Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara untuk mencatat Transaksi Pembayaran dari Pasien dengan Merchant Card, misal memakai kartu kredit Visa, Master, Debet atau sejenisnya?”
Dan “Bagaimana cara untuk men-sinkronkan transaksi Merchant Card dengan dana yang tercatat secara Kredit di Rekening Bank?”

Apakah Anda tahu bagaimana caranya?
Caranya adalah:
1. Sebelumnya buatlah terlebih dahulu akun dari setiap Merchant Card yang ada ke
dalam daftar akun di ACCURATE, dengan tipe akun = Cash/Bank. Sebagai contoh :
Merchant Card BCA.

2. Saat mencatat transaksi pembayaran dari Pasien, pilihlah akun Merchant Card yang
bersangkutan di kotak “Bank” di Penerimaan Pelanggan/Customer Receipt.

3. Masukkan tanggal transaksi tersebut di kotak “Payment Date” dan di kotak “Cheque
Date”.

4. Saat Dana dari Merchant Card tersebut masuk ke Rekening Bank, buatlah Bukti
Jurnal Umum/Journal Voucher dengan cara :
a. di Form Journal Voucher, isikan tanggal sesuai dengan tanggal masuk dana di rekening Koran.
b. pilihlah akun Bank yang bersangkutan (misal: BCA) dan masukkan nilainya di kolom Debit.
c. Pilihlah akun Merchant Card BCA dan masukkan nilainya di kolom Credit.
d. Simpanlah transaksi tersebut

5. Otomatis saldo Merchant Card BCA akan nol karena angkanya sudah kita pindahkan ke
akun Bank BCA.

Regads
Accurate-accounting

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE ,
Segera Hubungi
San-San
Telp : (021) 70303046 / 47
Sms : 0857 7000 2668
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.programaccurate.com